Bahaya Minuman Bersoda (Softdrink)


ml0009Oleh : DR. Zuhairi Qarami

Kesenangan manusia kepada kenikmatan dunia kerap kali berujung kepada ketidak puasan. Pikiran produktif manusia selalu mencari terobosan baru untuk memenuhi hajat manusia, bahkan impian yang hanya ada dikepala pencetusnya. Banyak produk yang asalnya asing dari kehidupan manusia, kemudian seolah dipaksakan akhirnya menjadi terbiasa. Tidak heran jika kemudian makanan ataupun minuman justru berakhir dengan berbagai masalah.

Diantara contoh terbaik adalah minuman bersoda. Minuman ini begitu merata, mulai dari kota hingga desa. Setelah banyak yang ketagihan, masalahpun tiba. Untuk menunjukkan bahayanya minuman bersoda, berikut ini fakta tentang bahaya minuman bersoda:

1.  Satu kalengnya menyamai 10 sendok gula yang cukup untuk menghancurkan Vitamin B, dimana kekurangan Vitamin B akan mengakibatkan buruknya pencernaan, lemahnya tingkat kesehatan, tegangnya urat syaraf, pusing, sulit tidur, cemas dan kejangnya otot

2. Mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan, yang demikian itu terjadi jika mengkonsumsinya bersamaan dengan makan, atau setelahnya. Juga menyebabkan peniadaan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, yang selanjutnya tergganggunya proses pencernaan dan pengambilan sari-sari makanan.

3. Mengandung kafein yang menyebabkan meningkatnya frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, gula dalam darah, bertambahnya keasaman lambung, bertambahnya hormon-hormon dalam darah yang kadang bisa menyebabkan radang dan terlukanya lambung serta usu duabelas jari. Sebagaimana ia meningkatkan tekanan pada bagian bawah saluran makanan yang menyebabkan tertolaknya makanan dan zat asam dari dalam lambung ke tenggorokan (saluran makan), yang hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan radang.

4.  Mengandung zat asam fosfor yang menyebabkan rapuh dan lemahnya tulang, khususnya pada usia pertumbuhan, dimana yang demikian banyak menjadikan keretakan pada tulang.

5. Mengandung senyawa asam fosforik, malik dan karboik yang menyebabkan tergerogotinya lapisan pelindung gigi.

6. Mengandung zat kimia buatan yang bisa merusak otak, dan menyebabkan hilangnya ingatan secara bertahap, dan rusaknya fungsi hati.

7. Tuanglah satu kaleng Coca Cola dalam tempat kloset, kemudian biarkan selama satu jam, kemudian tariklah spon, maka engkau akan melihat bahwa seluruh belang (bercak-bercak hitam) yang ada telah hilang, yang demikian itu dikarenakan senyawa asam telah menghilangkannya dengan reaksi yang kuat.

8. Untuk menghilangkan karat yang ada pada sebagian mobilmu atau pada paku yang berkarat, maka gosoklah bagian yang ingin dibersihkan dengan lap yang telah dibasahi dengan Coca Cola, maka Coca Cola akan bereaksi untuk membersihkannya dengan baik.

9.  Untuk membersihkan lempengan ACCU dari karat, masukkanlah lempengan penghubung tersebut kedalam sekaleng Coca Cola, dan amatilah gelembung-gelembung gas yang muncul, sebagai akibat reaksi pembersihan karat.

10. Untuk menghilangkan noda minyak dari pakaian, campurkanlah sekaleng Coca Cola kedeterjen, dan perhatikanlah hilangnya noda-noda minyak tersebut.

11. Derajat keasaman (pH) pada minuman-minuman bersoda seperti Pepsi Cola dan Coca Cola mencapai 3-4 (sangat asam), yang dengan pH tersebut, cukup untuk meluruhkan gigi dan tulang bersamaan dengan berjalannya waktu. Tubuh kita berhenti membangun tulang setelah usia 30 tahun, dan mulai luluh dengan presentasi 8-18% tiap tahunnya sesuai dengan tingkat keasaman yang kita konsumsi (prosentasi keasaman tidak didasarkan pada rasa makanan, tetapi pada prosentae kandungan Potassium, Chlor, Magnesium dan senyawa-senyawa fosfor yang lain).

12. Larutan Calsium aka mengendap ditenggorokan, sel-sel kulit, dan anggota-anggota vital pada tubuh yang bisa berpengaruh pada fungsi ginjal, dan menyebabkan batu ginjal.

13. Minuman-minuman bersoda tidak memiliki faidah makanan pada tubuh, bahkan mengandung garam dan gula yang berlebihan, selain bahan pengawet dan pewarna.

14. Sebagian orang lebih memilih meminum minuman dingin bersoda setelah makan. Perilaku ini mempengaruhi enzim-enzim pencernaan, yaitu merendahkan suhu panas tubuh, sehingga enzim-enzim pencernaan kehilangan kemampuannya untuk bekerja dimana suhu tubuh normal adalah suhu yang sesuai dengan fungsi kerja enzim-enzim tersebut. Maka enzim-enzim tersebut tidak bisa mencerna makanan dengan baik yang bisa mengakibatkan soda, dan sebagian zat beracun berpindah bersama darah menuju sel-sel tubuh, dan kadang pada akhirnya membuat bermacam-macam penyakit.

15. Anda sebenarnya menelan gas CO2, jika anda mengkonsumsi minuman bersoda.

16. Ingatlah sebuah perlombaan ”Siapakah yang paling banyak minum Pepsi Cola” di Universitas Delhi, India. Yang menang dalam lomba itu telah meminum 8 kaleng yang akhirnya mati ditempat yang sama karena tingginya gas CO2 didalam darahnya yang berakibat tidak bisanya darah mendapatkan O2 secara normal. Sebagai akibat dari perlombaan itu, Rektor Universitas tersebut melarang penjualan air bersoda didalam Universitas.

17. Pernah ditetakkan sebuah gigi pecah kedalam segelas Pepsi, dan beberapa hari yang telah ditentukan ternyata gigi tersebut telah larut.

Gigi-gigi dan tulang-tulang adalah bagian anggota tubuh yang paling akhir terurai setelah kematian dalam beberapa tahun, akan tetapi air bersoda ini melarutkannya dalam beberapa hari, maka bayangkanlah apa yang mungkin dilakukannya terhadap sel-sel lunak?! Maka berhati-hatilah terhadap minuman bersoda. Kembalilah ke makanan dan minuman alami. Gaya hidup muslim adalah gaya hidup orang sehat.

 

Sumber : Majalah ”Qiblati”, Untuk semua kalangan… Edisi 10 tahun II

About these ads

Tag:, , , , , , , , ,

Tentang galuhsurya

Sebanyak2nya Kemanfaatanku untuk Orang Lain...

68 responses to “Bahaya Minuman Bersoda (Softdrink)”

  1. liska says :

    becareful

  2. jahid abdurrahman says :

    kayaknya ni artikel dari aq ya ?

  3. w4hid says :

    Bukan.. lihat sumbernya…

  4. galuhsurya says :

    Yup, bener. Tu artikel dari salah satu majalah qiblati

  5. nanan says :

    Setuju… Boleh juga tuh…

  6. ristiany says :

    Alhamdulillah sudah sejak lama minuman bersoda an tinggalkan, btw bener gak sich, minuman bersoda itu dapat membuat kering kandungan, alias rahim perempuan???

  7. vinensia says :

    Ya, minuman bersoda sebenarnya kurang sehat. Minuman bersoda juga banyak mengandung gula, yang bila dikonsumsi berlebihan bakal bikin kelebihan berat badan. Ada beberapa alternatif minuman bersoda. Lebih enak, lebih murah dan yang paling penting lebihsehat. Apa ada? temukan disini http://healthy-drink.vinensia.com/2009/04/top-10-drinks-for-soda-alternatives.html

  8. aldira says :

    wahhhhh artikel nya bgz banget bwt nambah wa2san….

  9. aldira says :

    ngapain minum- minuman yang bersoda klo masih banyak minuman yang lebih sehat dan bergizi. MINUMAN BERSODA CUMA BWT ORANG YANG SAYANG NYAWANYA SENDIRI….

  10. irvan says :

    saya adalah salah satu korban minuman bersoda sekarang badan saya kaku kaki dan tangan engak bisa digerakan setiap hari saya minum air bersoda saya tobat minum bersoda

    • galuhsurya says :

      MasyaAlloh… semoga Alloh menyembuhkan sakit yang anda derita. Baru kali ini saya dengar yang demikian. Kalo boleh tau, sudah berapa lama anda mengkonsumsi minuman bersoda??
      Demikianlah yang demikian ini dijadikan pelajaran bagi kita semua

  11. Aria says :

    enakan minum2an tradisional yg menyehatkan spt
    1. Bandrex’s
    2. Ronde
    3. Skoteng’s
    4. Cendol
    5. dkk…

  12. perindu syurga says :

    alhamdulillah…
    meskipun bukan anak kimia, tetapi antum telah menjelaskan sedikit tentang bahayanya minuman bersoda…

    minuman bersoda dalam tubuh kan sangat mengganggu metabolisme enzim dalam tubuh karena pH-nya akan membuat enzim menjadi kelabakan dalam bekerja… ^^

  13. dwi susilowati says :

    ya ampun ampe segitunya ternyata bahaya banget ya minuman bersaoda itu kenapa manusia membuat minuman bersoda itu tetapi tidak di pikir dulu bagi kesehatan ! yah klo udah gini mau gmn lgi toh masyarakat udah banyak yang suka sma minuman bersoda nie

  14. kkaz says :

    mau minuman sehat? minumlah telaga al kausar, di sorgaa.

  15. Ugi muchlis says :

    Wah bhaya banget minum minuman bersoda, apalagi saya orangnya sangat memperhatikan kesehatan pencernaan, tapi kali ini sya pingin bgt minum coca cola yah buat memenuhi kepuasan hati saja, makanya saya beli yg ukuran 2 Liter,
    cuma sebelum saya minum saya cri tau dulu bhaya n manfaat minum minuman bersoda
    eh ternyata bxk an bhaya nya, jadi apa yg harus aku lakukan dengan minuman coca cola yg 2 liter itu? Jumlah dan harganya gk sedikit, kalo di buang mubazir, kalo di konsumsi bhaya (bisa-bisa haram hukumnya) kalo di beri orang kan sama saja sya membhayakan keshatan orang lain…
    BINGUNG DENGAN YANG 2 LITER?

  16. by says :

    hebat tulisannya…..

    saya mau tanya….
    adakah manfaatnya soda dari minuman bersoda?
    kenapa ada dampak yang buruk kok masih beredar di pasaran?

    jenis minuman bersoda yang mana yang sedang di bicarakan?
    bagai mana dengan susu soda?
    makasih….

    • galuhsurya says :

      Mas/mbak…

      Minuman soda merupakan jenis minuman ringan, atau yg sering kita kenal dengan kata softdrink. Minuman ini memang tidak beralkohol, sehingga dg mudah dipasarkan ke seluruh penjuru dunia.
      Mngenai soda yg terdapat di dalam minuman trsebut, maka itu tidaklah lebih untuk menghasilkan rasa masam yang enak dan rasa “krenyes-krenyes” dan “menggelitik” di kerongkongan, sekaligus memberikan kesegaran bagi peminumnya. Dan memang hnya itulah manfaat dari adanya soda tersebut..
      Mengapa masih beredar di pasaran??? Saya katakan, tidak semua orang tahu bahaya soda, bahkan sebagian besar dari pengguna.. Maka, selama pasar produk in masih ada pastilah produk tersebut akan terus dijual..
      Jenis minuman yg sudah disebutkan di atas, saya rasa sudah sangat jelas…
      Mengenai susu soda, mohon maaf saya masih belum mengetahuinya..
      -Semoga bermafaat-

  17. angga says :

    izin copas gan
    syukron

  18. affandi11 says :

    ijn cpy pste, bwt org2 yg mau sdar akan kshatanx,
    thx…smga pahalax dtambah

  19. mey says :

    bermanfaat skali infonya,
    mohon ijin copas untuk artikel info kesehatan di perush t4 sya bkerja.
    sikron katsiron.

  20. nining says :

    betul semua… dan terbukti kebenarannya…

  21. darmantomuat says :

    LIke This.. tapi aku yo LIKe softdrink pisan e… so how..?/ ^,*

  22. Rizki Aji says :

    bagaimana dengan maraknya minuman isotonik yang meningkatkan ion tubuh dll? adakah pembahasan ilmiyahnya disana?

  23. Sepeda MTB says :

    Artikel yang bagus!

  24. gamis says :

    artikel yg menarik,kebetulan si kecil suka minum minuman yang bersoda walaupun tidak terlalu sering. Dari artikel ini jd tahu ada efek tersembunyi dari rasa yang memikat. terima kasih ^_^

    • galuhsurya says :

      Hu um.. Artikel ini sbenarnya menyadarkan saya pula akan satu hal:

      Yakni: TETAP BERHATI-HATILAH..!! MESKI HAL ITU SEPELE… ^.^

      Terima kasih kunjungannya..Semoga bermanfaat ^^

  25. SaniAgung says :

    ijin repost ya gan ;)

  26. orangsadar_! says :

    thx bro.dgn membaca artikel ini…..saya semakin giat minum coca-cola.
    hihihiii…..

  27. tomi hartanto says :

    minuman soda itu minuman modern orang barat dll sebenarnya masih family dg alkohol ( bir ) kita org timur jaman dulu tdk mengenal soda… itu ya termasuk minuman penjajah yaa pikir sendidri lah mana ada minuman budaya asing yg tdk membahayakan kalo kelebihan tapi kalo minuman asli Indonesia biar berlebihan ya serhat apa itu wedang jahe ….oke bruuur

  28. Ichwan says :

    Minuman bersoda/soft drink juga bisa menyebabkan asam urat serta gigi menjadi kuning

  29. Abang Ojie says :

    saya peminum sodo sejak kecil, bgm cara menghilangkan efek soda dalam tubuh?

  30. kkaz says :

    saya tdk punya masalah dgn minuman bersoda,mohon maaf ats koment saya sebelum nya,smoga anda sukses.

  31. kkaz says :

    Saya tdk punya masalah dgn minuman bersoda krn jarang mengkonsumsi nya,saya yakin apabila kita meminum nya kebanyakan pasti akan berdampak buruk,pesan saya segalanya harus pake aturan.Mohon maaf apabila ada koment saya yg buruk.

  32. phu says :

    wa0w infox kereen… sudh bnyak fakta ttg jelekx minuman bersoda ttpi knpa y minuman it blm d tarik dari peredaran?

    • galuhsurya says :

      Allohu A’lam.. Saya juga tidak terlalu mengerti mengapa demikian.
      Yang jelas sesuatu yang baik & buruk akan selalu ada di sekitar kita. Jika kita adalah makhluq yang berpikir, maka seharusnya tak akan mengambil yang buruk bukan? ^^

  33. kimzaqi says :

    Nice Info sob..seharusnya minuman2 kyak gini dah gak boleh beredar ya,tapi tetep aja masih gak ada larangan dari pemerintah..

  34. menul risa hapsari says :

    Astaghfirulloh

  35. bimo says :

    Wah2 surya, kmu tidak memperhatikan nasib pegawai pabrik softdrink di indonesia ya?
    Benar tidaknya harus dibuktikan secara medis, jgn asumsi.
    Kalaupun itu berbahaya, pabrik tidak akan memproduksi secara besar2an atau bahkan sampai ke penjuru dunia.
    Semua hal akan menimbulkan masalah jika bersifat terlalu berlebihan. Bahkan minum air putih satu galon akan menimbulkan masalah.
    Anda dan Qiblati mungkin saya sarankan bicara dng public relation ke prusahaan terkait.
    Saya juga bukan peminum bersoda, akan tetapi alangkah baiknya kalian buktikan dahulu. Dan jika memang itu benar adanya, biarkan pemerintah mengumumkan bahayanya. Seperti rokok terdapat larangan pemerintah ttg bahaya merokok.

    Bimo
    081230809730

  36. amanda says :

    tadi tiba tiba ingin beli minumam bersoda. dan setelah sampai di rumah, tersadar kenapa harus beli minumam bersoda. yg jelas2 komposisinya CO2 yg berbahaya jika ada banyak dalam tubuh. insyaallah setelah ini, lebih pilih minuman sehat yg lain spt jus buah ..

  37. Toilet Portable says :

    Keren artikelnya… Mantab.. ane jadi tau..

  38. Lariba says :

    Alhamdulillah udah hampir 2 tahun ga minum yang bersoda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: